Film Thailand Recomended : Hormones The Series

“Parents sent their kids to school and never realized what their kids have to face behind the school walls.”  (gue lupa ini testimony siapa? )- Hormones the Series

Udah hampir satu abad gue gak posting apa-apa diblog. Sebenernya banyak sih yang mau ditulis secara banyak banget kejadian datang silih berganti dari yang sedih sampai seneng. Cuma karena kejadiannya tentang cinta menye-menye jadi gue males banget nulisnya. Daripada menye-menye mending gue nulis resensi film, kebetulan pas libur tiga hari kemaren gue gak kemana-mana dan Cuma ngabisin waktu dikamar sambil nonton film. By the way ada nih satu film Thailand yang paling berkesan diantara film-film yang gue tonton kemarin. Judulnya “Hormones the Series."


Ini semacam sinetron remaja gitu, ceritanya tentang kehidupan para ABG dan segala macem konflik yang biasa terjadi sama mereka. Tapi kalian jangan ngarepin bakalan nemu remaja yang bisa berubah jadi serigala, vampire, amoeba atau kutu dan remaja  galau yang kepengen pacaran sama salah satu makhluk tersebut di film Hormones. Soalnya kalian bakalan kecewa karena di film ini Cuma nyeritain kisah tentang remaja “normal” aja.

Kenapa gue bilang film ini bagus?
Pertama dan utama karena yang jadi salah satu main actor nya si Pachara Chirathivat (Peach). Kalo yang demen nonton film Thailand pasti tau dong sama dia. Semua film yang di mainin Peach ini bagus-bagus, yang paling terkenal itu film The Billionaire yang nyeritain tentang CEO muda dari perusahaan makanan ringan rumput laut “Taokenoi”. Gue beli film Hormones juga karena ada Peach nya : P.
Terus kedua karena ini film edukatif banget. Kalo kalian masih anak sekolah dan nonton film ini banyak lah pertanyaan-pertanyaan kritis anak seumuran kalian (gue udah tua :” ) yang gak bisa kejawab selama ini justru ada jawabannya di film ini. Misalnya cerita tentang Win (Pachara Chirathivat) yang dianggep bandel dan pembangkang, Win ini selalu berontak sama peraturan karena guru-guru gak pernah bisa ngasih jawaban setiap Win tanya kenapa harus gini dan gitu? kenapa sih ke sekolah harus pakek seragam? (jawaban standar biasanya: karena udah peraturan sekolah turun temurun) Kenapa sih kalo ke sekolah rambut  gak boleh gondrong? ( buat cowok) atau gak boleh diwarnain? padahal kan masalah kaya gitu gak mempengaruhi nilai belajar seseorang. (jawaban standar biasanya: Karena udah peraturan turun temurun) dan lain lain. Kalo buat guru ada juga nih pelajarannya, di film ini diajarin banget cara seorang guru supaya bisa ngatur anak-anak tanpa harus jadi conservative. Yang udah tuir dan pernah sekolah pasti inget dong jaman dulu guru-guru yang jadi favorit guru-guru yang kayak gimana? Pastinya guru-guru yang gaul dan gak kolot. Jadi di film ini ntar dikasih tauin gimana caranya supaya jadi guru yang gak konservatif tapi tetep sejalan sama tujuan mendidik, bukan gaul sama murid dan malah gak ada batas.

Buat orang tua ada jugaaa lengkap banget kan, ada cerita tentang Dow si cewek yang polos dan unyu dan baru ngalamin first love. Tapi karena mama nya Dow ini terlalu parno, Dow gak dibolehin ketemuan sama pacarnya selain di rumah, apa jadinya? Karena mamanya gak dengan jelas kasih tau alesan kenapa Dow gak boleh pacaran, Dow pun dengan polosnya having sex sama pacarnya itu justru di rumahnya sendiri. Cumi banget kan tuh si Dow. Seandainya si emak ngasih tau pelajaran tentang sex tanpa ngerasa itu masalah tabu, mungkin Dow unyu ini gak akan kelepasan. Harusnya tuh dia bilang gini “Nak cowo itu kutu! Jangan having sex kalo belom nikah, kenapa? Karena walaupun kamu yakin dia baik, dan bermasa depan cerah itu gak menjamin dia bisa bertanggung jawab. Mungkin dia mau bertanggung jawab, tapi kalo sebelum tanggung jawab dia kecemplung sumur? Terus tiada? Pegimana”   Gitu!

Adegab yang paling berkesan dan keinget terus di film ini adalah adegan penyuka sesame jenis Pho dan Tee (ada adegan ciuman cowok sama cowok) dan cara orangtua Pho berbesar hati menerima kekurangan anaknya namun tetep kasih Pho pengarahan untuk bisa ambil keputusan yang menurut Pho baik, adegan kekerasan fisik maupun mental (bullying) di sekolah dan socmed, dan adegan berantem anak-anak yang hobi tauran. Katanya sih di Thailand sana adegan-adegan di hormones ada yang dikritik terlau ekstreme buat ditonton sama remaja. Tapi para psikolog sana juga bilang kalo masalah kaya gitu justru harus diangkat dan dibahas, karena pada kenyataannya hal-hal ekstreme itu emang terjadi dan untuk amannya film ini emang dianjurkan ditonton didampingi orang tua.

Selanjutnya ada juga cerita tentang masalah anak-anak pinter yang selalu jadi murid teladan di sekolah. Tokoh Kwan dikenal paling teladan dikalangan guru dan murid, tapi walaupun dia murid teladan dating masa-masa dimana Kwan mulai bingung dan kehilangan arah, mulai bertanya-tanya kenapa dia harus rajin belajar, kenapa harus jadi murid nomor satu, kenapa harus jadi murid patuh, kenapa? Kenapa? Kenapa? Dan saat paling galau ketika kwan menemukan kenyataan bahwa selama ini dia ternyata putri dari seorang istri simpanan. Kwan mulai memberontak, mulai dari ikutan nyontek, kabur dari rumah dan main ke rumah mantan sahabatnya Sprite yang dulu dia jauhin karena dia anggap slut.  Tapi Kwan kembali jadi anak baik lagi setelah Sprite yang justru dia anggap murahan ngasih dia pengertian tentang hidup berdasarkan pengalaman Sprite sebagai anak dari orangtua single parents. (tuh kan guys, makannya jangan suka nge judge orang). Seru kan? Selain cerita yang diatas masih banyak lagi deh cerita tentang masalah remaja-remaja yang bener-bener emang terjadi. Kata anak anak di Thailand sih film ini dianggap ngerti mereka banget, mereka ngerasa tokoh-tokoh dan problem di film ini bener-bener mewakili perasaan para remaja di Thailand.

Sebenernya masih banyak tokoh sama karakter lain di film ini, silahkan nonton sendiri ya kalo mau tau lengkapnya. The Hormones yang gue tonton baru yang season 1 sih, katanya ada season 2 nya juga dan pastinya cerita season 2 tetep konsisten tentang mengeksplorasi masalah remaja, seks remaja dan kekerasan diantara remaja.  Film ini keren dan gue kasih 4 bintang. Kesimpulan dari film ini, sebagai orang dewasa terkadang kita (Kita???? cieee gue dewasaa) terkadang suka nganggep sepele sama masalah yang terjadi diantara anak-anak atau remaja, mikirnya ah apaan sih masalah anak ingusan. Padahal kenyataannya masalah remaja gak bisa dianggap enteng loh. Contohnya masalah bully, masalah tauran, masalah free seks, narkoba, masalah tekanan harus jadi anak hebat seperti keinginan orang tua. Dsb. Dsb. Orang tua kalo mau kata-katanya dipercaya sama anak-anak baiknya mulai dengan percaya dulu sama anak-anak mereka. Anak-anak itu belajar dari orang dewasa, jadi kalo gak mau anak-anak pada free seks, narkobaan, bunuh-bunuhan, dll dll dimulai dulu dari orang dewasanya yang juga jangan ngelakuin semua hal itu. Kita pengen anak-anak moralnya baik tapi orang dewasa di sekelilingnya yang kadang suka sok tau juga gak bermoral baik ya pegimana. Gitu deh inti dan pesan yang pengen disampaikan sama film ini menurut versi gue. Tarakdungces.

Okay segini dulu tentang film Hormones the Series. Selamat 
mencari kaset nya atau copy an nya, atau download an nya.

No comments:

Post a Comment