Espresso Machiato dan Seorang Teman Lama

   Ambarukmo- Guyub Café-Stasiun Tugu-Malioboro, Jogjakarta

Setelah sekitar enam tahun pisah akhirnya gue ketemu lagi sama seorang temen lama. Jureq. Pertama kali ketemu agak kaget karna jureq yang dulu unyu kurus dan gak jelas sekarang udah berubah jadi jureq yang gede gondrong dan gak jelas (gajebo nya tetep gak ilang ternyata). Gue perlu waktu beberapa detik buat ngeyakinin gue bahwa jureq emang udah berubah sebelum nepuk bahunya pas dia melongo-longo di Ambarukmo Plaza nyariin gue. 

Hari itu malem Minggu yang mendung, malem terakhir gue liburan di Jogjakarta. Sengaja gue calling jureq karena gue bosen ngiderin jogja naik mobil. Dan fortunately Jureq yang baik hati mau nemenin gue jalan-jalan ke stasiun Tugu dan Malioboro.  (Thanks juuurrr tapi Itu memang sudah kewajiban anda sebagai abdi dalem Jogjakarta. kewajiban! Hahaha)

Sebelumnya gue udah bilang sama jureq kalo gue ngebet pake banget pengen ke Djendelo Kafe. Gue tau café itu dari buku Kata Hati nya @Benzbara_ dan dari pendeskripsian Bara di novel itu Djendelo Kafe kedengerannya keren. Café yang ada toko buku di lantai satunya. Gue ngebayangin bakalan banyak orang-orang yang ngopi-ngopi sambil nulis novel atau baca buku disana. Gue malah ngarep banget gak sengaja bisa ketemu @Benzbara_ atau bang Alit @shitlicious disana :p. Tapi ternyata waku gue sama jureq meluncur Djendelo Kafe disana lagi ada acara. Gak tau acara apa yang pasti kita udah gak mungkin bisa masuk lagi. Dan gue Cuma bisa puas ngeliat Djendelo Kafe (saksi bisu tempat dimana Randi ketemu Filla dan move on dari Dera) dari depan aja. 

Karena gak bisa ke Djendelo si Jureq terus ngajakkin gue ke Café temennya. Guyub Café. Dan disana kita duduk di meja yang udah dihuni tiga orang temen Jureq. Karena gue emang tipikal cewek yang cantik dan pemalu (dilempar galon) maka gue langsung mati gaya begitu disuruh duduk diantara mereka. Satu orang cewek cantik dengan baju item-item yang gue denger namanya Huning dan dua cowok . Mereka lagi main poker or something like that lah dengan serunya sambil nonton bola. Disitu gue ngerasa kaya orang lain. Gue jadi gak kenal Jureq karena orang-orang disana hampir kenal sama dia semuanya. Rasanya pengen banget cepet-cepet ngabur. Tapi gue sok betah aja. Gue meratiin temen-temen jureq. And for the first time I see mbak Huning, gue langsung mupeng sama model rambutnya. Entah gue bisa secantik dia apa enggak kalo pake model rambut itu tapi yang penting usaha dulu, So….Minggu depan gue mau potong rambut. (kemana-mana banget ceritanya pheeww )

Back to Guyub Café, gak lama setelah gue sama Jureq duduk. Seorang waiter dateng bawa menu kopi. Jujur aja, gue bukan tipikal orang yang doyan ngopi. Satu-satunya kopi yang pernah gue coba itu kopi susu sachet-an yang gue seduh kalo lagi ngantuk banget dikantor. Jadi begitu gue baca menu kopi itu. Mata gue langsung siwer. Gue bingung mau mesen yang mana sementara mas-masnya udah nunggu. Akhirnya dengan asal-asalan gue sebut aja nama Espresso Machiato.  Sedangkan Jureq dengan imutnya mesen Cappuccino Mocca. Sampai pesenan gue dateng si jureq baru komentar kalo gue udah mesen kopi yang terlalu jantan. Mbak huning juga komentar dengan muka seolah teriak “sumpah loe mesen Espresso Machiatto?” . Gue makin salah tingkah. Harusnya gue bilang sama jureq kalo gue gak terlalu hobi minum kopi. Kenapa gue pengen ke Djendelo gak lain dan gak bukan Cuma karena denger disana ada toko bukunya dan buat gue itu unik. Gue langsung ngajakkin Jureq tukeran minuman. Kayanya Jureq lebih cocok minum espresso machiatto atau bahkan  minum air langsung dari galonnya hahaha (peace jurrrs) Dan sampai saat ini gue masih gak ngerti seberapa anehnya bagi seorang cewek untuk minum tuh kopi. But I don’t care. Dan menurut gue Guyub Café itu keren. Seandainya gue bisa ngabisin waktu  disitu bareng temen-temen yang gue kenal. 

  Penampakan Guyub Cafe
  Espresso Machiatto Whatever
Pada akhirnya keputusan gue buat tukeran kopi sama Jureq itu pas. Atau bahkan harusnya gue juga ikutan mesen satu gelas lagi karena ternyata malem itu kita jalan sampe jam 3 pagi. Ini rekor. Selama ini gue gak pernah jalan sampe hampir pagi. Tapi Jogja itu beda. Semakin malam kota itu justru semakin hidup. Gue diajak Jureq ke stasiun tugu. Ke malioboro sampe ke km 0. Dan walaupun Cuma sebentar, walaupun malem itu gue ngerasa asing sama Jureq entah kenapa gue gak pernah bisa lupa momennya. Dan gue seneng karna gue memutuskan buat ketemuan sama dia. Ngerasain dinginnya naik motor disepanjang jalan menuju kaliurang tempat penginapan gue.

Stasiun Tugu
  Malioboro bersamaSudjiwo Jureq Sutejo

KM 0
Pas pulang dari Jogja dan sampe ke rumah. Gue ngerasa kangen. Gue fikir gue kangen Jogja. Tapi ternyata gue kangen sama temen-temen lama. Dan gue menyadari betapa semuanya sekarang udah berubah. Beberapa dari mereka terasa asing. Gue malah hampir lupa dulu waktu masih temenan apa sih yang udah gue sama Jureq lewatin bersama (tsaelah). Tapi terus gue sadar kalo temen-temen gue mungkin sekarang emang udah beda. Mereka nyoba style baru, gaya rambut baru, warna rambut baru, cara bergaul yang baru, kesukaan yang baru, tipe cowok/cewek yang baru. Tapi jauh di dalam sana. Di jiwa mereka yang sebenernya. Gue tau mereka tetep orang-orang yang sama yang gue kenal tujuh tahun yang lalu. 

Sebelum nulis ini gue buka buku Persada. Di sampul depannya ada tulisan ‘Everlasting Memmories’ Gue cari nama dan foto Jureq dan sadar betapa ternyata gue masih familiar banget sama muka konyol itu. Dulu, di FSJ. Dan dari dulu di setau gue dia emang paling jarang complain dan paling keliatan cuek. Gue langsung kebayang lagi waktu gue, jureq, ihat sama agung ngeliput acara Muharrom ber empat dari malem sampe malem lagi, ngobrol gak jelas, ngelucu yang gak lucu,  nulis  laporan, duduk-duduk sampe ketiduran di FSJ. Dan gue juga kebayang lagi waktu gue sama Jureq jalan di Malioboro, Stasiun Tugu, Kaliurang, dengerin Jureq cerita apalah apalah. Dan kali ini gue gak ngerasa dia asing lagi. Dia itu temen lama, kepingan dari cerita masa remaja gue yang gak akan pernah bisa terhapus. Everlasting Memmories. Dan Espresso Machiatto adalah hal selanjutnya yang bakalan bikin gue keinget sama Jureq lagi.


No comments:

Post a Comment