Kita Tidak Perlu Superhero untuk Menyelamatkan Bumi





‘ It doesnt take a Superman to save our earth. Even the smallest people can change the world for the better.’

Kata kata ajaib dan unik ini aku dapat dari sebuah majalah lama yang ga sengaja aku baca waktu tadi pagi sedang merapihkan rak-rak buku di kamar. Artinya kira-kira ‘ kita tidak perlu Superman untuk menyelamatkan bumi kita kalau sekelompok kecil orang aja sebenernya bisa mengubah dunia ini menjadi lebih baik.’ Aku acungin enam jempol.
Selain aku ada lagi ga sih yang setuju lagi sama quote ini??? Sadar ga kalo segala kekacauan yan terjadi di bumi kita kaya banjir, gempa bumi, kekeringan, kebakaran hutan dsb adalah hasil dari keegoisan kita semua sebagai penduduk bumi?? Dan sadarkah kalo kita sudah terlalu besar menaruh harapan kepada Superman untuk mengemban sendirian misi penyelamatan bumi ini?? Kalo emang ada yang sadar tolong angkat telunjuk kalian tinggi-tinggi....
Setelah aku lama termangu menelaah arti harfiah dari quote di atas itu. Aku jadi berfikir, betul juga selama ini ternyata dengan tidak aku sadari aku sudah begitu entengnya melepaskan tanggung jawabku sebagai penduduk bumi. Yaitu bukan hanya sekedar memanfaatkan habis-habisan yang bumi sediakan untukku tapi juga harus melestarikan dan menjaga bumi ini dari ‘sakit’. Ternyata aku sudah terlalu terlena melimpahkan semua tanggung jawab kepada oom Superman yang hanya tokoh imajinasi belaka. Atau kepada bapak Presiden yang sebenernya tidak bertanggung jawab penuh mengatasi semua kesalahan yang sudah kita buat bersama ini. Coba? Apa hubungannya pak Presiden atau Superman sama selokan depan rumah kita yang mampet yang diakibatkan karna kita ga pernah mau buang sampah pada tempatnya???? Jawabannya jelas “ TIDAK ADA”....
Kalian pasti sudah sering mendengar kan tentang isu global warming yang sedang menjadi trend dunia saat ini. Aku pernah mendengar di sebuah wawancaranya seorang artis mengatakan bahwa “ Global Warming is Cool....” pernyataan yang sangat ironis. Aku rasa itu karna dia belum pernah liat fakta-fakta mengerikan dari efek Global warming seperti mencairnya es di kutub yang bisa menyebabkan air laut naik dan menenggelamkan beberapa pulau di dunia, atau kebakaran hutan, atau bolongnya atmosfir bumi yang menyebabkan kulit kita berhubungan langsung dengan sinar ultraviolet yang membuat kita bisa terkena penyakit kanker kulit dsb. Kalo dia sudah tau aku yakin dia ga bakal pernah lagi bilang kalo Global warming itu keren.












Akibat dari pemanasan global adalah mencairnya es di kutub utara dan selatan



Pernahkah kalian berfikir apa yang terjadi jika seluruh permukaan es di kutub mencair?


Okeeee sampe disini mungkin tulisan aku udah terlalu bertele-tele...jadi intinyaa....aku pengen banget ngasih tau ke semua orang bahwa menyelamatkan dunia kita yang udah terlanjur sakit ini adalah perlu, penting dan ga sesulit yang kita bayangkan.

Kenapa bisa gitu???? Karena sebenarnya yang perlu kita lakukan bukan cape-cape berdemo sampe kepala bocor atau berjemur di depan rumah presiden atau something like that yang menguras tenaga Cuma gara-gara kesel daerah rumah kebanjiran terus setiap musim hujan dan ga pernah dapet bantuan dari pemerintah. Yang perlu kita lakukan sangat sangat mudahhhh...yaitu berusaha memaksa diri kita mau melakukan hal-hal yang kita anggap sangat sepele seperi MEMBUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA,MEMINIMALISIR PENGGUNAAN ALAT TRANSPORTASI BERBAHANBAKAR,MENGHEMAT PEMAKAIAN LISTRIK DAN AIR,MENANAM POHON, DLL. Jangan pernah menganggap semua hal tersebut sulit, karena sebagian dari hal-hal yang aku sebutkan tadi bias kita lakukan bahkan hanya dengan menggunakan satu tangan saja. See, aku bakal jelasin lebih rinci lagi melalui pohon pemikiran dibawah ini.


Membuang sampah pada tempatnya

Banyak sebagian besar dari kita masih menganggap hal ini sepele dan ga penting, membuang satu sampah plastik bekas minum es ke selokan emang bukan hal yang membahayakan bumi.....itu kalo cuma satu...bayangin kalo ada 10000 orang di bumi yang berfikiran kaya gitu. Akan ada 10000 sampah plastik tidak bisa terurai menyumbat selokan depan rumah kita dan menyebabkan banjir besar. Padahal membuang sampah di tempat sampah adalah pekerjaan yang ga kalah mudah dan sepelenya dari membuang sampah ke selokan. Jadi dengan sangat heran aku bertanya-tanya..kenapa masih sangat banyak orang yang tidak bisa melakukan itu seolah itu pekerjaan yang memerlukan banyak energi.

Hemat air dan listrik!!!!!!!!!

Menghemat air dan listrik juga merupakan salah satu upaya menyelamatkan bumi dari Global Warming. Kalo kita punya kebiasaan ga perduli dengan lampu rumah yang menyala di siang hari atau ga perduli dengan air bersih yang terbuang karna kran air yang tidak ditutup. STOP kebiasaan tersebut dengan segera.
Usahakan menghemat air dan listrik sebaik mungkin, gunakan bak mandi untuk menampung air sehingga kita bisa memakai air bersih seperlunya saja. Matikan lampu dan semua peralatan listrik jika kita tidak memerlukannya. Dan yang terpenting PERDULI!! kalo ada orang rumah atau teman yang lupa mematikan listrik atau air jangan malas untuk MEMATIKAN.
Menggunakan alat pengering listrik juga bukan hal yang bijaksana, jemur pakaian menggunakan jasa sinar matahari, itu juga bisa mengurangi kadar unsur yang berbahaya bagi lapisan ozon.

Do the best travel
Best travel adalah berpergian dengan menggunakan alat transportasi yang bebas polusi. Dan yang paling mudah adalah dengan tidak menggunakan alat transportasi berbahan bakar jika kita hanya berpergian jarak dekat. Gunakan sepeda, selain membuat sehat itu juga bisa mengurangi sampah polusi di dunia dalam jumlah besar. Believe me. Ga perlu bangga kalau di keluarga kalian satu anggota keluarganya bisa punya mobil pribadi masing-masing. Karna sebetulnya orang-orang seperti itu yang paling banyak membuat kerusakan di bumi kita.
Percaya ga percaya beberapa negara maju di dunia ini malah sudah mencanangkan mengurangi kepemilikan kendaraaan pribadi bagi penduduknya. Come oonnn....kayanya kita harus lebih bijaksana dengan menurunkan gengsi untuk mau naik kendaraan umum folks. Sedikit kendaraan yang dipakai dapat membantu mengurangi polusi dan kemacetan lalu lintas!!!!!!!!!

Menanam pohon

Tanamlah sedikitnya tiga pohon di lingkungan rumah kita. Pohon adalah makhluk hidup yang menghirup CO2 di udara. Ga susah loh folks nanem 3 pohon. Daripada ngelamun ga jelas ketika punya waktu luang. Ga ada ruginya kan kita melakukan aktifitas berkebun. See, hal sepele itu kelak bisa menjadi warisan turun temurun untuk anak cucu kelak. Yaitu warisan udara bersih.......

Reuse.Reduce,Recycle

Tiga R ini adalah salah satu upaya paling mujarab untuk menangani global warming. Reuse, gunakan perlengkapan yang bisa dipakai lagi, bukan perlengkapan instan yang sekali pakai buang. Itu bisa menambah jumlah sampah di bumi dengan sangat cepat. Reduce, memaksimalkan penggunaan perlengkapan. Seperti pakailah kertas buka tukis di setiap halamannya (bolak-balik). Matikan listrik atau air jika kita tidak perlu. Dan berjalan kaki atau bersepeda jika kita tidak berpergian jauh.

Hal-hal yang aku sebutin diatas adalah cara-cara yang sangat sangat sangat mudah untuk dilaksanakan.
Ayo semuaaa...ini saatnya kita sadar akan tanggung jawab kita sebagai penduduk bumiiii......jangan menyesal di saat yang sangat terlambat. Toh hal-hal yang kita perlu lakukan itu sangat mudah kan???? KITA GA PERLU SUPERMAN FOLKS!!!!!

(pictures taken from www.google.com )


No comments:

Post a Comment